Sabtu, 16 Juni 2012

makan alpukat g bikin gemuk Lho



Banyak orang yang menyukai enaknya buah alpukat. Tapi bagai manapun juga tidak sedikit orang yang mengindari buah hijau yang begitu lezat ini. Takut gemuk katanya. Ah itu kan Cuma mitos. Santai aja kali albukat tidak bikin gemuk kok, malah dia punya banyak nutisi. Ga’ percaya (dasar dibilangin juga).
Ok, ok emang sih aku nagku kalo alpukat banyak mengandung lemak (nah lo, akhirnya ngaku juga). Eitsss, jangan salah ya lemak alpukat g bakal bikin gemuk lho (eh kok bisa, dimana-mana lemak pasti bikin gendut). Makanya baca dulu artikel ini sampe selesai baru deh ngoceh. Ini karena lemak dalam alpukat merupakan lemak tak jenuh tunggal yang gak bakal deh mengendap di tubuh mu. Lemak ini justru menyehatkan tubuh lho.

Selain itu yang perlu diketahui alpukat banyak mengandung nutrisi. Dalam 100 gram buah alpukat terkandung 85 kalori, 0,9 gram protein, 6,5 gram lemak, 7,7 gram karbohidrat, dan 84,3 gram air. Alpukat mengandung sekitar 278 mg kaliaun tiap 100 gramnya. Kandungan kaliumnya yang tinggi dapat menetralisir natrium dalam tubuh. Tidah cuma itu alpukat juga dapat meningkatkan HDL (HDL apalgi tu?). HDL itu merupakan jenis kolesterol yang dapat membersihkan dan memperlancar aliran darah. So kita bakal jauh dari yang namanya risiko penyakit jantung dan stroke.
Kandungan lemak sehat dalam alpukat ini juga yang membuat pencernaan sehat, nurtisi terserap secara maksimal, kerja ormaon normal dan yang penting kulit ma ramput kita bakal tetep cantik.
Biar lebih jelas berikut ini beberapa nutrisi yang terkandung dalam buah hijau yang yummy ini
1.      Protein
Alpukat memiliki 18 asam amino esensial yang diperlukan bagi tubuh untuk membentuk protein lengkap. Kelebihan protein dalam alpuhat adalah lebih mudah dicerna dan diserap tubuh dari pada protein dalam daging. Jadi buah ini cocok I buat kamu yang sudah mengikrarkan diri sebagai kaum vegetarian dan sedang mengurangi asupan protein hewani karena diet.

2.      Lemak bermanfaat
Tadi kan udah dibahas jika lemak memiliki kandungan lemak yang tingggi. Namun, lemak tersebut aman dan penting bagi tubuh kita. Alpukat dapat meningkatkan kadar HDL (kolesterol "baik"). Kolesterol HDL rtugas untuk melindungi tubuh kita dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Yang perlu diperhatikan juga lemak ini dapat mencegah diabetes (kok bisa?). Ini katena HDL dapat membantu mengatur kadar trigliserida. HDL berguna untuk menurunkn kadar LDL sehingga dapat mencegah penyakit stroke, darah tinggi, kanker dan penyakit jantung. Selain itu, lemak tak jenuh pada alpukat juga mengandung zat anti bakteri dan anti jamur.

3.      Karotenoid
Alpukat banyak mengandung karotenoid dan phytonutrient. Tidak hanya jumlahnya tetapi juga jenidnya, mulai dari beta-karoten, alfa-karoten dan lutein, tetapi juga varietas yang kurang dikenal dari jenis phytonutrient seperti neoxanthin, zeaxanthin, chrysanthemaxanthin, neochrome, beta-cryptoxanthin dan violaxanthin. Jadi buah ini banyak memberikan asupan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, meningkatkan sistem imun dan kesehatan sistem reproduksi.
4.      Vitamin E
Vitamin E dikenal sebagai vitamin yang berguna untuk menghaluskan kulit. Sehingga kulit akan menjadi kenyal, mengurangi kerutan dan kulit menjadi terlihat segar
5.      Potasium atau Kalium
Potasium atau kaliun ini sangat bermanfaat untuk mengurangi depresi mencegah penimbunan cairan dalam tubuh serta dapat menurunkan tekanan darah.
6.      Vitamin B6
Ini buat kamu yang sering mengalami PMS. Vitamin B ini berkhasiat untuk meredakan sidrom pra-haid atau pra-menstruasi (PMS) yang umumnya diderita wanita setiap bulan.
7.      Zat Besi dan Tembaga
Zat ini diperlukan dalam proses regenerasi darah sehingga mencegah penyakit anemia.
8.      Mineral Mangaan dan Seng
Unsur ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, memantau detak jantung dan menjaga fungsi saraf tetap terjaga.
9.      Anti-inflamasi
Alpukat mengandung Vitamin C dan E, karotenoid, selenium, seng, pitosterol dan omega-3 asam lemak . kombinasi unik ini dapat membatu mencegah peradangan. Sehingga dapat mencegah penyakit osteoarthris dan rematik.
10.  Asam oleat
Asam oleat yang merupakan lemak utama dalam alpukat sangat baik untuk melindungi kesehatan jantung.
Nah sekarangkan sudah tahu kalo alpukat kaya nutrisi. Jadi mulai sekarang jangan ragu lagi jika mau makan buah yang satu ini.

1 komentar: