Kamis, 02 Agustus 2012

Karena setan di kurung




Bulan Ramadhan telah tiba. Mau tidak mau ritual hidup berubah. Masjid-masjid yang biasaya sepi kini ramai nian. Bayangin aja ya. Biasanya kalo aku lewat masjid pas waktu Sholat paling-paling jamaahnya cuma tiga baris (waduh jadi ketahuan kalo ngak pernah sholat berjamaah di masjid). Sekarang masjid selalu penuh. Bahkan di masjid kampungku jamaah sampai meluber hingga ke halaman. Heran deh selain bulan Ramadhan mereka pada kemana ya? (ini juga berlaku buat yang nulis lho).


Ada hal yang selalu dinanti setiap muslim saat bulan ramadan tiba. Hayo tau ngak? Ok aku kasih tau ja biar ga usah menebak yang engak-engah. Setiap muslim saat Ramadan pasti menunggu yang namanya adzan magrib (hayo ngaku aja. Kalo kamu ngak nunggu adzan magrib ketahuan nih pasti ada apa-apanya, atau malah kamu ngak puasa).

Ritualnya barunya ngak cuma itu lho. Kita rela bangun pagi-pagi hanya untuk makan. Yah walaupun kadang dilakukan setengah tertidur tapi tetep aja kita lakukan. Yah mau gimana lagi meskipun ngantuk dan dingin menusuk tulang dari pada ngak sahur trus ntar ngak kuat puasa.

Biasanya orang paling males kalo sholat subuh (kalo yang mbaca ngak males sholat subuh Alhamdullah). Enakan tidur. Seperti hari-hari sebelumnya (di bulan ramadhan) sehabis sahur tampaklah satu bataleon bermukena warna-warni bergerak berlahan-lahan diantra pepohonan.

Mereka berjalan dengan gagah berani mereka menembus udara pagi yang dinginnya menusuk ingga ke dalam tulang. Mereka membiarkan angin pagi memainkan mukena yang mereka kenakan. Beberapa diantara mereka melilitkan sarjadah di bahu untuk menahan rasa dingin yang semakin menjadi-jadi.

”Uh dingin sekali pagi ini. Bikin orang pengen kembali ke tempat tidu aja,” kata orang yang mengengakan mukena kuning terang.

”Yah mau gimana lagi, dari dulu kalau musim kemarau emang udaranya dingin kan?” kata orang yang mengenakan mukena putuh.

Hening sejenah. Tidak sampai lima menit kemudian.

”Apa hubungannya sama musim kemarau? Ini karena setan diikat.” kata anak yang paling kecil diantara mereka. Usianya sekitar sembilan tahunnan?

Semua diam. Dan semua mata tertuju kepadanya. Seolah-olah memahami pertanyaan kami yang tidak pernah terucap dia kemudian berkara.

”Kata bu guru, selama bulan ramadhan setan itu diikat. Jadi disekitar kita ngak ada setan deh,” katanya polos tanpa merasa bersalah.

”trus? Hubunganya ma dingin?” tanya salah satu dari mereka.

”Huh, setan kan terbuat dari api. Jadi mereka itu panas. Kalo di dunia ini tidak ada setan ya pasti dingin lah,” terangnya.

Semua hanya diam bengong karena ngak tau harus ngomong apa.

PERHATIAN:
INI HANYA CELOTEHAN ANAK KECIL. JADI JANGAN TERLALU DIPIKIRKAN ATAU DIMASUKAN KEDALAM HATI.

1 komentar:

  1. berarti, setan itu bertebaran kalo siang hari ya? hehehehehe...
    :D

    BalasHapus