Sabtu, 28 Juni 2014

KHASIAT PISANG BAGI KESEHATAN



Siapa yang tidak kenal dengan pisang. Buah yang manis dan berdaging empuk ini. Memang sih buah ini sering diidenikan dengan monyet tapi ini tidak menyurutkan minat manusia untuk memakannya. Bahkan buah ini menjadi salah satu buah favorit bagi orang yang sedang diet karena memiliki kalori yang tinggi namun rendah lemak.

Tidak hanya itu pisang masih memiliki banyak amnfaat lainnya seperti:


  1. Menurunkan tekanan darah
Buah ini banyak mengendung potassium. Padahal potassium berfungsi untuk menurunkan tekanan darah, memperlancar sirkulasi darah, sehingga sirkulasi oksigen menjadi lancar, serta menghindari kram otot. Berdasarkan penelitian yang dilakukan beberapa dokter di india resiko tekanan darah tinggi dapat turun hingga 10% dengan mengkonsumsi dua buah pisang tiap hari.

  1. Sumber energi
Pisang memiliki tiga jenis juga sekaligus yaitu fruktosa, sukrosa dan glukosa. Tidak hanya itu pisang juga mengandung karbohidrat lebih banyak jika dibandingkan dengan buah lainnya. Lengkapkan kandungan gulanya mulai poli sakarida hingga mono sakarida. Hal ini menyebabkan pisang dicerna dengan kecepatan yang berbeda. Sehingga dapat melindungi kadar gula darah dan menghindari krisis enegi. Bahkan duapuluh tiga juta pisang dikonsumsi beberapa petenis pria serta wanita didalam turnamen tenis wimbledon tiap-tiap tahunnya.

  1. Menyehatkan usus
pisang memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat menmpertahankan kesehatan usus dengan cara menghilangkan sembelit. Jadi kalau sulit BAB jangan buru-buru minum obat pencagar lebih baik makan pisang.
Pisang merupakan prebiotik yang dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik pada usus. Selain itu pisang juga menggasilkan enzim yang dapat membantu penyerapan nutrisi. Buah ini bisa menenangkan saluran pencernaan dan membantu memulihkan elektrolit tubuh.
Dan bagi penderita maag jangan kuatir. Bahkan buah ini mampu meringankan maag dengan cara melapisi bagian dalam usus kita terhadap asam lambung.

  1. Meningkatkan kecerdasan
pisang mengandung delapan Asam Amino yang penting untuk tubuh dan perkembangan otak. Hasil penelitian yang dilakukan kepada 200 responden menunjukan siswa yang makan tiga buah pisang setiap hari mengalami peningkatan konsentrasi dan daya tangkap. Tapi kalau mau pintar jangan hanya makan pisang ya tapi juga belajar.

  1. Makanan sehat bagi ibu hamil
Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang karena kadar asam folatnya tinggi. Seperti yang sudah kita ketahui asm folat penting untuk pembentukan sel-sel baru sehingga janin tumbuh sempurna, serta mencegah cacat bawaan. Disamping itu pisang bisa menjaga kadar gula darah sehingga mengurangi morning sick yang biasa dialami ibu hamil.

  1. Menurukan berat badan
Kandungan karbohidrat komplek pada pisang tidak menaikan gula darah secara drastis. Pisang memiliki kadar lemak yang rendah asal tidak diolah. Selain itu pisang juga kaya serat yang dapat menurunkan berat badan dengan memperlancar proses metabolosme.

  1. Mengatasi anemia
Buah ini mengandung zat besi (Fe2+) yang tinggi. Sehingga dapat menaikan jumlah seldarah merah. Penderita anemia sebaiknya mengkonsumsi dua buah pisang.

  1. Memulihkan stamina
seperti yang sudah disebutkan diatas pisang banyak mengandung potassium untuk memulihkan stamina tubuh. Selain itu pisang juga dapat menyingkirkan rasa pegal dan mengurangi kadar magnesium sehingga dapat menghilangkan pusing dan melanjarkan peredaan darah.

  1. Mengurangi nyeri haid
bagi kamu yang memiliki potensi nyeri haid sebaiknya rajin mengkinsumsi buah yang satu ini selama haid. Karena itu pisang juga banyak mengandung vitamin B6 yang mampu mengurangi gula dalam darah yang merusak mood dan mengurangi nyeri haid.

  1. Mencegah penyakit jantung
Pisang banyak mengndung antioksidan seperti vitamin C dan flavonoid yang mencegah pembakaran lemah yang merusak jantung. Selain itu kalium dalam pisang merumakan tonik yang baik bagi jantung.  Selain itu masih ada serat pectin yang membantu menurunkan kadar kolestrol.

  1. Membantu berhenti merokok
Buat kamu perokok yang ingin insaf  sebaiknya rejin mengkonsumsi buah yang satu ini. Karena kandungan vitamin B, kalium, dan magnesium yang tinggi dapat mempercepat proses pemulihan efek berhenti merokok.

  1. Mengobati gigitan nyamuk
Bagi kita yang hidup di daerah tropis gatal digigit nyamuk sudah biasa. Tapi rasa gatal dan bengkak karena digigit nyamuk bisa dihilangkan dengan cara mengoleskan kulit pisang bagian dalam ke kulit yang digigit nyamuk.
   
Banyakkan manfaat buah pisang bagi tubuh kita. Masih tidak mau mekan pisang karena tidak mau dikira monyet? Berarti kamu lebihbodoh dari monyetnya dong. Monyet aja bisa milih buah yang sehat. Masak kamu tidak. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar