Senin, 17 Juni 2013

Cara Mengatasi Nyeri Haid



Menstruasi atau yang lebih terkenal dengan nama haid merupakan fase normal yang harus dijalani wanita karena merupakan bagian dari proses reproduksi. Tidak sedikit perempuan yang mengalami nyeri dan kram pada perut bagian bawah. Hal ini di sebabkan karena haid tidak lancar. Hal ini perlu mendapatkan perhatian khusus, karena haid merupakan fase yang harus dilalui oleh wanita normal dan berlangsung sebanyak 12 kali dalam setahun maka kita harus mengatasi penderitaan ini.

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi nyeri hasi:


  1. Kompres Perut.
Rasa nyeri saat haid dapat di redakan dengan mengompres perut dengan air hangat. Karena saat dikompres otot perut menjadi relaks dengan sendirinya rasa sakit yang diakibatkan oleh kram dapat hilang. Selain menggunakan handuk yang sudak direndam air hangat kita juga bisa mengompres dengan menggunakan ait hangat yang di masukan ke dalam botol kaca.

  1. Pijatan Lembut.
Pijatan ringan pada perut bagian bawah dapat mengurangi nyeri atau kram yang Anda alami. Bila diperlukan bisa diolesi dengan menyak kayu putih untuk memberikan rasa hangat.

  1. Olahraga Ringan.
Ini merupakan langkah pencegahan nyeri haid. Sebaiknya sebelum atau ketika memasuki fase menstruasi kita melakukan olaheaga ringan seperti jalan kaki, joging atau senam. Karena dengan berolah raga dapat memperlancar aliran darah dan mengurangi rasa sakit sehingga tupuh kita terasa lebih segar.

  1. Jus nanas
Bauah yang satu ini banyak mengandung bromelain yang berfungsi untuk meredakan nyri otot  dan kram.

  1. Jus lidah buaya
Lidah buaya dapat meredakan rasa sakit. Selain untuk menghilangkan rasa sakit lidah buaya juga bisa melancarkan peredaran darah. Untuk mengatasi nyeri haid disarankan untuk mengkonsumsi jus lidah buaya 3 kali sehari jika terjadi nyeri sedangkan untuk pencegahan cukup sekali sehari. Sekarang tidak perlu bingung untuk mencari lidah buaya karena sudah banyak tersedia di supermarket baik yang masih mentah mauoun sudah diolah menjadi minuman atau makanan siap saji.
Cara membuat jus lidah buaya juga sangat mudah. Ambil badian dalam lidak buaya kemudian cuci lendirnya hingga bersih kemudian di blender bersama satu sendok makan madu. Selain dapat menghilangkan nyeri haid, jus lidah buaya juga sangat baik digunakan untuk melancarkan peredaran darah pada periode menstruasi.

  1. Kunyit
Banyak orang sudah mengetahui jika kunyit memngandung kandungan Kurkumin dan minyak atsiri yang sangat berguna untuk meredakan nyeri dan memberi efek tenang pada otot rahim yang mengalami peluruhan. Saat ini ekstak kunyit sidah dijual dipasaran dengan berbagai bentuk. Namun jika ingin membuatnya sendiri caranya sangat mudah. Ambil dua ruas jari kunyit kemudian di bakar. Setelah dikupas hancurkan kunyit, tambahkan sedikit air putih kemudian ambil sarinya tambahkan dengan satu sendok madu dan langsung bisa diminum.

  1. Air jahe
Jahe memiliki banyak khasiat yang bisa kita manfaatkan, salah satunya adalah dapat meringankan sakit saat datang bulan. Untuk menghilangkan nyeri hadi sebaiknya minum jahe hangat tiga kali sehari. Minuman ini bekerja dengan cara menenangkan otot yang tegang. Untuk membuat minuman ini pasti anda semua sudah tau caranya. Jika anda tidak tau atau malas membuat sendiri sekarang sudah beredar berbagai produk munman jahe di pasaran.


  1. Kemangi
Siapa yang tidak kenal dengan sayuran yang satu ini. Banyak orang suka dengan lalapan yang satu ini. Kemangi mengandung caffeic acid yang berkhasiat mengurangi rasa sakit. Termasuk didalamnya rasa sakit yang terjadi saat menstriasi. Cara mengkonsumsinya pun sangat mudah dengan mencampurkan kedalam masakan atau sambal yang anda makan.

  1. Kayu Manis
Kayu manis tidak hanya sebagai penguar aroma dalam makaan. Kayu manis bermanfaat sebagai anti peradangan. Cara memakainya puncukup mudah cukup seduh kayu manis bersama teh, jahe atau susu asal jangan bersama kopi saja, karena kafein pada kopi bisa memicu timbulnya nyeri hadi.

  1. Daun Mint
Cara membuatnya sangat mudah. Seperti halnya menukmati kayu manis. Cukup seduh daun mint bersama teh jahe atau susu. Minum 1-2 kali sehariuntuk membut perut terasa nyaman dan mengurangi rasa sakit.

Jika cara yang sudah saya sebutkan diatas tidak bisa meredakan nyeri haid yang anda alami. Atau nyeri haid anda sangat parah sehngga memngganggu aktifitas sebaiknya segera konsultasi ke dokter. Meskipun nyeri haid adalah hal yang wajar dan dialami oleh hampir semua wanita namun, nyeri haid yang sangat menganggu bisa menjadi gejala awal adanya yang tidak beres dengan organ reproduksi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar