Senin, 17 Juni 2013

Cara Menghilangkan Bintik Hitam Bekas Jerawat



Merasa tidak bercaya diri karena di wajah kita ada bintik hitam bekas jerawat. Ini menang mengganggu dan bikin malu bagi orang yang menganggap kecantikan adalah segalanya. Tapi santai saja ini bukan akhir dunia kok.

Yang perlu diperhatikan kalo kita diserang sama yang namanya jerawat tidak buru-buru panik, dan di pencet-pencet. Karena ini bisa menambah peradangan yang terjadi sehingga setelah sembuh sang jerawat memberikan kenang-kenangan berupa noda hitam.

Jadi jika jerawat menyerang, lebih baik jerawat diobati saja. Sekarangkan sudah beredar berbagai macam obat jerawat yang bisa kita dapatkan dengan mudah di toko kosmetik maupun apotek jadi ya tinggal beli aja. Namun jika sudah terlajur ada noda hitamnnya, berikut ini beberapa cara untuk menghilangkannya.


Daun Sirih
Daun sirih merupakan antiseptik alami. Air daun sirih dapat mencegah peradangan dan mempercepat sembuhnya jerawat tampa meninggalkan noda hitam. Untuk membuat air daun sirih caranya sangat mudah  rebus tiga lembar daun sirih bersama dua gelas air. Rebus hingga airnya tinggal setengah dan biarkan hingga dingin. Cuci muka dengan air daun sirih dua kali sehari untuk memgobati jerawat.
Untuk menghilangkan noda hitam ambil 5 helai daun sirih muda dan tumbuk hingga halus. Oleskan pada muka terutama bagian noda hitam sambil dipijat dengan halus biarkan hingga 30 menit atau hingga kering. Kemudian basuh muka dengan air hangat. Untuk hasil yang optimal lakukan 3 kali seminggu.

Putih Telur.
Oleskan putih telur ke seluruh muka dengan kapas atau kuas, utamakan pada bagian yang terdapat flek hitam. Tunggu sampai masker putih telur kering. Kemudian bersihkan dengan air hangat dan kain kering. Lakukan minimal tiga kali seminggu.

Pasta  Bubuk Kayu Cendana
Bubuk kayu cendana dapat menutup pori-pori kulit yang membesar karena jerawat. Pasta ini sudah beredar di pasaran dengan berbagai merek. Cara penggunaannya mudah kok cukup oleskan pada bekas jerawat dan biarkan semalaman lalu bilas deh dengan air dingin keesokan harinya.

Bubuk Kayu Cendana dan  Air Mawar
Campurkan bubuk kayu cendana dan air mawar. Kemudian oleskan pada wajah sebelum tidur. Keesokannya bilas dengan air dingin. Sekedar tambahan ya jika memiliki kulit kering tambahkan susu dalam campuran bubuk kayu cendana dan air mawar, dan hanya gunakan selama beberapa jam saja.

Lidah Buaya
Bayak orang yang sudah tau bahwa lidah buaya dapat menguatkan rambut. Ternyata tanaman ini dapat digunakan untuk membuat masker yang mampu menghilangkan flek hitam pada wajah. Untuk membauatnya tidaklah sulit tinggal menghaluskan lidah buaya dan dicampur dengan minyak Zaitun. Bubuhkan masker ke wajah hingga merata dan diamkan hingga menyering. Setelah itu bilas dengan air. Lakukan duakali dalam seminggu.

Es Batu
Untuk mengencangkan pori-pori yang membesar akinat jerawat bisa dilakukan dengan mengusapkan es baru selam 15 menit tiap hari.

Kulit Mentimun
Mentimun banyak mengandung silika yaitu zat kolagen yang dapat mencerahkan kulit. Untuk mencerahkan kilit wajah dan menghilangi noda hitam akibat jerawat cukup dengan menggosokan kulit mentimun bagian dalam ke wajah. Kemudian biarkan hingga 15 menit lalu basuh dengan air.

Jagung Muda
Tidak hanya bekas jerawat, bahkan bekas cacar air pun dapat dihilangkan dengan masker jagung muda. Untuk membutnya cukup mudah tinggal parut jagung muda secukupnya. Usapkan pada muka atau bekas cacar air. Biarkan 30 menit, lalu bersihkan dengan air dingin.

Kulit Tomat
Cara sama dengan menggunakan kulit mentimun. Sekedar info saja kulit tomat tidak hanya mampu mengecilkan pori-pori tapi juga bisa menghilangkan komedo dan mengatasi kulit berminyak.

Kulit Pisang Klutuk/ Pisang Batu
Biasanya pisang ini hanya dimanfaatkan daunnya untuk membungkus makanan. Naklum saja buahnya meskipun manis tapi sulit dimakan karena bijunya yang banyak dan besar-besar. Tapi siapa sangka ternyata pisang klutuk bisa digunakan untuk menghilangkan noda hitan pada wajah. Caranya sangat mudah. Cukup usapkan bagian dalam kulit pisang klutuk matang pada kulit muka. Biarkan hingga 10 menit, kemudian basuh muka dengan air teh.

Tidak perlu mengunakan teknologi modern seperti serum, laser, spa, atau krim mahal untuk menghilangkan bekas jerawat. Karena disekitar kita banyak bahan bermanfaat yang bisa digunakan, selain lebih murah juga tidak beresiko.

Nah, sekarang silahkan coba menghilangkan bekas jerawat dengan salah satu bahan diatas. Tinggal pilih. Mana yang paling mudah atau bahan apa yang ada di rumah. Selamat mencoba semoga bekas jerawatanda lekas hilang dan memiliki kulit yang sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar