Rabu, 26 Juni 2013

Sehat Selama Puasa Bulan Ramadhan




Hi bulan Ramadhan tinggal menghitung hari. Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh rahmat. Saatnya bagi kita untuk berburu rahmad dan mengistirahatkan serta memperbaiki tubuh yang kita yang kita forsir selama 11 bulan dnegan berpuasa. Tapi jangan sampai menjadi puasa sebagai alasan produktifitas kita yang mwnurun.

Agar puasa tetap jalan tanoa mengganggu aktifitas kita. Kita bisa melakukan beberapa tips berikut ini:


  1. Niat Puasa
Ingat segala sesuatu itu tergantung pada niat kita. Semakin kuat niat kita semakin kuat pula usaha kita untuk mencapai keinginan kita. Jika niat memiliki niat yang kuat untuk berpuasa maka fisik kita akan siap untuk menjalani puasa. Berdasarkan penelitian kadar asam lambung orang yang berpuasa itu lebih rendah jika di bandingkan dengan orang yang kelaparan. Hal ini disebabkan niat puasa menekan pusat lapar di otak.

  1. Makan Sahur
Meskipun ngantuk dan malas bangun malam-malam hanya untuk makan jangan sampai ditinggalkan. Karena makan sahur penting untuk menyediakan energi yang akan digunakan seharian. Kalau tidak makan sahur tubuh akan menjadi cepat lesu, lelah, mengantuk, lapar dan mudah marah. Karena gula darah dalam tubuh turun atau dikenal dengan istilah hipoglikimia. Sebaiknya makan sahur ketika mendekati waktu imsak.

  1. Hindari Makanan Dan Minuman Yang Mengandung Gula Saat Sahur
Makanan dan minuman yang mengandung gula akan merangsang tubuh untuk memproduksi insulin untuk menetralkan kadar gula darah. Sehingga asa lapar, lemas dan lesu akan datang lebih cepat

  1. Protein, Karbohidrat, Dan Serat Saat Makan Sahur
saat makan sahur sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, serat, dan protein. Karena tubuh memerlukan watu yang lbih lama untuk mencerna makanan tersebut. Sehingga kita tidak cepat merasa lapar.

  1. Cukup Minum
Ingat tubuk memerlukan sekitar 2 liter air perhari. Jika kita sampai dehidarasi maka tubuh akan kekurangan oksigern sehingga akan mudah lemas. Tapi bukan berarti kita harus minum sebanyak itu ketika sahur. Cukup minum secukupnya saja. Perlu diingat air tidah hanya diperoleh dari minum tetapi juga dari buah dan sayuran.

  1. Jangan Langsung Tidur
Jangan langsung tidur setelah makan sahur. Karena tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan. Saat tidur pencernaan tidak bekerja secara optimal sehingga produksi energi akan terganggu. Akan lebih baik jika usai sahur dimanfaarkan untuk sholah subuh berjamaah dan membaca Al-Qur’an

  1. Olahraga Saat Bulan Ramadhan
Olahraga penting untuk menjaga keseharan tubuh. Kebiasaan olahraga di pagi hari sehabis sahur membuat kita cepat merasa lapar, karena energi sudah dikuras di awal puasa. Sebaiknya waktu olehraga diganti sore hari emnjelang berbuka. Tapi jangan melakukan olahraga yang berat ya.

  1. Segera Berbuka
Adzan magrib adalah waktu yang paling ditunggu oleh orang yang berpuasa. Segeralah berbuka itu termasuk sunah Rosul. Berbulah dengan makanan atau minuman manis. Karena makanan atau minuman yang masnis lebih mudah dicerna dan cepat menggantikan energi.

  1. Minum Minuman Hangat
Saat berbuka lebih baik mimum minuman yang hangat. Air dingi atau es bisa mengakibatkan pert kembung. Karena jika perut kosong langsung diisi dengan air dingin mengakibatkan asam lambung akan meningkat.

  1. Jangan Langsung Makan Besar
Jika kita langsung menyantap makanan besar lambung akan keget, karena sudah seharian kosong. Ingat lambung memerlukan ruang kosong untuk mencerna makanan. Sebaiknya makanan dikunyah dengan perlahan dan benar untuk meringankan kerja lambung.

  1. Menjaga Kebersihan Gigi Dan Mulut
Bau mulut sering mengganggu ketika kita berpuasa. Hal ini karena saat berpuasa otomatis kita berhenti makan dan mimun sehingga prodiksi air liur berkurang sehingga mulut menjadi cepat asam dan berbau tidak sedap. Oleh karena itu segera sikat gigi setelah makan sehingga sisa makanan tidak membusuk diantara gigi.

  1. Konsultasi Dokter
Bagi orang yang beresiko atau lemah seperti ibu hamil atau menyusui, penderita diabetes, hipertensi atau penyakit kronos lainnya lebih baik berkonsultasi kepada dokter mereka sebelum menjalankan puasa. Jika diijinkan patuhi semua nasehat sang dokter dan segera batalkan puasa jika kondisinya semakin parah.
   
Tetap semangat di bulan Ramadhan. Jangan jadikan aktifitas padat anda sebagai pengganggu puasa kita. Semoga kita mendapat rahmat dan ridho sari Allah SWT.
Amin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar